Langsung ke konten utama

contoh makalah TIK tentang e-mail




TUGAS MAKALAH
TIK

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
JURUSAN TARBIYAH
DI SUSUN OLEH
1.      DIAH AYU HIDAYAH (1501070037)
2.      DIKI KURNIAWAN (1501070242)
3.     ABDURAHMAN IBRAHIM (1501070143
4.     BUNGA DWI PUSPITA SARI (1501070031)
5.     KHOIRUL MUNAWAROH (1501070262)

     Kata Pengantar



Puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan dan rahmat yang diberikannya sehingga tugas makalah ini dapat kami selesaikan dengan sebaik-baiknya demi memenuhi mata kuliah TIK. Shalawat  serta  salam  selalu tercurahkan kepada nabi besar Muhammad Rasulullah SAW.  Yang selalu kita nanti nantikan syafaat nya di yaumil akhir kelak.

Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang e-mail, yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber informasi, referensi, dan berita. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya para mahasiswa Stain Jurai Siwo Metro Lampung . Saya sadar bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Untuk itu,  kepada  dosen  pembimbing  saya  meminta  masukannya  demi  perbaikan  pembuatan  makalah  saya  di  masa  yang  akan  datang dan mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.


Penulis







Daftar Isi

Kata pengantar………………………………………………………………………………….2
Daftar isi…………………………………………………………………………………………3
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang………………………………………………………………………………4
1.2   Rumusan masalah…………………………………………………………………………..5
1.3  Tujuan……………………………………………………………………………….............5
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian E-Mail……………………………………………………………………………6
2.2 Jenis E-Mail………………………………………………………………………………….7
2.3 Cara Pembuatan E-Mail……………………………………………………………………..9
2.4 Manfaat E-Mail……………………………………………………………………………...11
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan…………………………………………………………………………………..12
3.2 Saran…………………………………………………………………………………………12
3.3 Catatan Kaki………………………………………………………………………………….12







BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang

Pada kehidupan manusia sangat erat kaitannya dengan komunikasi. Manusia berkomunikasi untuk membagi pengetahuan dan pengalaman. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain. Akan tetapi, komunikasi hanya akan efektif apabila pesan yang disampaikan dapat di tafsirkan oleh penerima pesan tersebut.
 Dalam dunia nyata pada umumnya, kita sering menggunakan surat untuk mengabarkan suatu berita. Namun kekurangan media surat adalah lamanya waktu yang dibutuhkan dari pengirim ke penerima. Masalah ini dapat dipecahkan dengan menggunakan media telepon. Namun sayangnya jika menggunakan telepon untuk jarak penelepon dan penerima telepon yang cukup jauh, biasanya memerlukan biaya yang tidak murah, karena menggunakan SLJJ atau SLI (Sambungan Langsung Internasional). Oleh karena itu diperlukan media lain yang dapat membantu mengatasi kendala waktu, jarak dan biaya ini.
Dewasa ini komunikasi menjadi lebih cepat, efektif dan efisien dengan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Teknologi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia di era sekarang. Bahkan dapat dikatakan bahwa seluruh aspek kehidupan seperti bidang social, politik dan ekonomi telah bersentuhan dengan teknologi.
Salah satu perkembangan dalam teknologi komunikasi dan informasi adalah E-mail. Sebagaimana layaknya  surat menyurat melalui jasa pos, e-mail mampu menangani jasa pengiriman surat dalam bentuk data elektronik (file), termasuk e-card. E-mail dapat mempermudah komunikasi antar manusia. Penggunaan e-mail dapat menghemat biaya, waktu juga tenaga karena email akan mempercepat pengiriman surat dari satu orang ke orang lainnya dalam waktu singkat dan bersamaan.
Teknologi telah mempercepat terjadinya komunikasi dan mempu mempererat hubungsn manusia dari berbagai belahan dunia. Globalisasi adalah perkembangan dan evolusi telekomunikasi yang membantu pengiriman informasi dengan cepat.

Penggunaan internet di seluruh dunia telah menjadikan orang-orang dan perusahaan dapat dengan mudah berkomunikasi dan memiliki akses data dalam jumlah yang sangat besar..


1.2   Rumusan masalah

Berdasarkan latar belakang di atas terdapat beberapa permasalahan yaitu :

·         Bagaimana cara membuat e-mail?
·         Apa saja jenis-jenis e-mail?
·         Apa manfaat menggunakan e-mail dalam kehidupan sehari-hari?


1.3    Tujuan
  • Untuk memenuhi tugas Teknologi Informasi Komunikasi (TIK),
  • Agar mahasiswa atau mahasiswi khususnya STAIN JURAI SIWO METRO,bisa lebih mengerti,mengetahui dan memahami segala hal tentang e-mail yang membuat mahasiswa menjadi lebih kreatif dan mendalami materi pengetahuan Teknologi Informasi dan Komunikasi














BAB II
                                               PEMBAHASAN

2.1   Pengertian E-Mail
Email merupakan singkatan dari Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia nya Surat Elektronik, yaitu surat yang pengirimannya menggunakan sarana elektronik yaitu dengan jaringan internet, dengan surat elektronik atau email seseorang dapat mengirim naskah teks, gambar, atau bahkan mengirimkan aplikasi atau file kepada seseorang yang tentunya juga memiliki email (surat elektronik) dalam waktu yang sangat singkat. Karena email ini menggunakan jaringan internet, maka alamatnya pun juga menyesuaikan dengan penyedia layanan email di internet. Contoh penyedia layanan email adalah http://www.mail.yahoo.com, http://www.mail.google.com, dan lain-lain. Sebagaimana layaknya kegiatan surat-menyurat melalui jasa pos, email mampu menangani jasa pengiriman berita dan dokumen dalam bentuk data elektronik (file), termasuk jasa e-card (kartu ucapan elektronik). Untuk memanfaatkan fasilitas email, sebelumnya harus memiliki sebuah alamat email, yang lazim disebut email address atau email account. Account email dapat diperoleh dari sebuah situs penyedia fasilitas email. Hingga saat ini, fasilitas e-mail banyak disediakan secara gratis oleh situs-situs internetlokal dan internasional (tidak dibedakan fungsinya). Surat elektronik atau e-mail sudah mulai dipakai sejak tahun 1960-an. Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson ,seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Dan pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon “@” sebagai identitas e-mail untuk memisahkan user ID dan domain sebuah alamat e-mail yang berarti “at” atau”pada”.





2.2   Jenis E-mail
Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan apa yang namanya e-mail. E-mail sudah kita gunakan dalam berbagai aktivitas misalnya untuk tugas sekolah, urusan perkantoran dan lain lain. Dilihat dari layanan yang diberikan, terdapat tiga jenis e-mail yang digunakan saat ini, antara lain POP MAIL, E-Mail Berbasis Web Dan E-Mail Forwarding. Masing-masing jenis e-mail tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.
1.      POP MAIL (email berbasis pop)
Adalah email yang menggunakan server POP yaitu computer yang dapat mengirim e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya. Pada server POP semua e-mail yang dikirim ke pengguna dan telah memiliki akun di server akun akan disimpan dalam sebuah direktori . kemudian saat pengguna menghubungi server , semua e-mail yang ditujukan padanya akan dikirim ke computer client, sebaliknya saat pengguna ingin mengirimkan e-mail ke suatu alamat, e-mail tersebut akan dikirim ke server POP dan selanjutnya akan diteruskan di alamat yang di tuju.
            Kelebihan e-mail berbasis POP  adalah dapat dibaca pada kondisi offline (tidak terhubung ke internet). Mengecek e-mail dapat dilakukan dengan cara menghubungkan computer ke internet kemudian mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan memutuskan hubungan dengan internet. Setelah membaca dan membuat balasan, kita dapat menghubungkan kembali computer ke internet dan mengirimkan balasan e-mail yang sudah dibuat. Dengan cara seperti ini, kita tidak perlu berlama-lama terhubung ke internet, sehingga biaya akses internet menjadi lebih murah.
            Kekurangan dari POP mail yaitu kita tidak bisa membuka e-mail dari sembarang tempat. Jika ingin melakukan di computer lain, terlebih dahulu kita harus melakukan pengaturan ulang. Selain itu, jika menggunakan akses intenet yang perhitungan biayanya berdasarkan file yang di download, bukan berdasarkan lama koneksi, maka biaya yang dikeluarkan akan sama saja. Untuk mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan mengirimkan balasannya, kita harus mempunyai program client mail, seperti MS Outlook, Eudora, MS Outlook Express, Pegasus atau Netscape Communicator.


2.      Web based mail (e-mail berbasis web)
Web based mail adalah layanan e-mail yang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan e-mail seperti yahoo (mail.yahoo.com), google (gmail.google.com), hotmail (www.hotmail.com) dan lain-lain.
      Kelebihan web based mail adalah biasanya diberikan secara gratis oleh website yang bersangkutan. Selain itu, kita juga dapat mengecek e-mail dari mana saja. Kekurangan dari jenis e-mail ini adalah pembacaan e-mail hanya dapat dilakukan pada kondisi online, sehingga membutuhkan biaya koneksi ke internet yang lebih besar. Meskipun demikian, beberapa website penyedia jasa layanan e-mail disertai dengan fasilitas POP3.
3.      E-mail forwarding
Adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterimanya le alamat e-mail yang lain. E-mail jenis ini bermanfaat untuk orang-orang yang suka berganti-ganti alamat e-mail. Kelebihan e-mail forwarding adalah kita bisa menyembunyikan alamat e-mail yang sesungguhnya. Selain itu, bila kita mengganti alamat e-mail, kita tidak perlu member tahu alamat e-mail yang baru. Cukup memberikan alamat e-mail forwarding nya. Kekurangan e-mail jenis ini adalah karena hanya bersifat perantara dan harus meneruskan e-mail yang diterima ke alamat yang lain. E-mail tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke alamat e-mail yang sesungguhnya.








2.3    Cara membuat e-mail
Ada beberapa situs yang menyediakan layanan e-mail gratis. Yaitu gmail dan yahoo!,maill.
v  Langkah –langkah  pembuatan e-mail menggunakan gmail :

1.      Pertama, buka situs www.gmail.com
2.      Lihat di bagian pojok kanan atas,klik tombol masuk
3.      Lalu klik buat akun
4.      Lalu anda akan disuruh mengisi formulir berdasarkan biodata anda
5.      Untuk kolom “pilih nama pengguna”isi dengan nama atau kata (6-30 karakter). Nama atau kata tersebutlah yang nantinya akan menjadi alamat e-mail anda.
6.      Jika muncul kata seperti ini “Nama Pengguna tersebut sudah digunakan orang lain” artinya kata atau nama yang anda masukkan sudah dipakai oleh orang lain, maka carilah atau nama yang kira-kira belum dipakai orang lain untuk dijadikan sebagai alamat e-mail anda.
7.      Untuk kolom “Kata sandi dan konfirmasi sandi anda” isi dengan kata sandi anda. Usahakan buatlah kata sandi yang mudah diingat namun susah untuk ditebak oleh orang lain.
8.      Dikolom “Tanggal lahir” isikan dengan tanggal lahir anda, kolom tahun isikan dengan tahun kelahiran anda. Dan untuk bulan isilah dengan bulan kelahiran anda
9.      Pada kolom gender, pilih dengan jenis kelamin anda
10.   Untuk kolom ponsel, isikan dengan nomor telepon anda (tidak wajib)
11.   Pada kolom “alamat email anda saat ini” tidak usah diisi
12.  Dan pada kolom “buktikan anda bukan robot” lihatlah gambarnya lalu tulis apa yang ada pada gambar tersebut
13.   Untuk “lokasi” pilih Indonesia
14.   Lalu ceklis/centang “saya menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privacy google”
15.   Setelah itu, klik tombol “langkah berikutnya”
16.   Tunggu beberapa saat (akan muncul halaman baru)
17.  Disitu anda akan disuruh untuk memverifikasi akun yang baru saja anda buat. Pada bagian nomor telepon, isikan dengan nomor telepon anda, dibawahnya centang “pesan saja (sms) setelah itu klik “lanjutkan”
18.   Langkah diatas bisa saja tidak akan anda lalui karena terkadang google tidak menyuruh anda untuk memverifikasi akun anda.
19.  Lalu anda disuruh untuk memasukkan kode verifikasi. Lihatlah sms yang masuk di hp anda (ulangi langkah 17 jika sms belum juga masuk)
20.   Catat kode yang anda terima d isms lalu masukkan kode tersebut di kolom yang tersedia
21.   Klik lanjutkan
22.  Lalu akan muncul halaman baru, dan akan muncul pilihan apakah anda ingin membuat profil G+ atau tidak.
23.  Dan alamat email anda telah bisa digunakan


v  Langkah-langkah pembuatan email melalui Yahoo Mail :

1.      Bukalah situs www.yahoo.com
2.      Akan muncul halaman baru lalu pilihlah “sign in” di pojok kanan atas
3.      Klik “buat akun”
4.      Isikan semua data sesuai dengan identitas anda
5.      Nama depan dan belakang diisi dengan nama yang akan anda gunakan sebagai nama di akun Ymail anda
6.      Nama pengguna yahoo, isi dengan nama atau kata sesuai selera anda. Nama itulah yang nantinya akan digunakan sebagai nama email anda
7.      Untuk kolom kata sandi, anda isi dengan kata sandi yang akan anda gunakan untuk akun yahoo anda
8.      Di bagian bawah isikan nomor telepon anda
9.      Untuk tanggal lahir, sesuaikan dengan tanggal lahir anda
10.  Lalu pilih gender/jenis kelamin anda
11.  Untuk nomor pemulihan opsional (tidak wajib diisi)
12.  Setelah semuanya sudah terisi dengan benar, klik buat account
13.  Dan jika muncul halaman yang memberitahukan bahwa email anda berhasil dibuat, berarti anda telah berhasil membuat email baru di yahoo mail.






2.4   Manfaat E-mail
            Tak dapat dipungkiri, e-mail merupakan satu alat yang paling penting dalam bisnis internet. Dimana kita bisa melakukan kontak dan menjalin hubungan dengan pembeli secara teratur dan regular.
E-mail tentunya memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari, diantaranya adalah :
1.      E-mail dapat menghubungkan kita dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa local
2.      Dengan e-mail, data dikirim secara elektronik sehingga sampai tujuan dengan sangat cepat
3.      Dapat mengirim kepada lebih dari satu orang dengan saat bersamaan
4.      Dapat mempermudah komunikasi dengan orang yang ada di seluruh dunia
5.      Digunakan untuk berlangganan informasi tertentu secara periodic














BAB III
                                                        PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Dengan mengunakan fasilitas e-mail kita bisa lebih cepat dalam mengirim tentang sesuatu yang kita butuhkan,dan akan dapat mempercepat waktu kita,untuk dapat menghemat waktu.dan kita bisa menemukan teman,keluaraga,kerabat kita.
Selain itu jarak bukanlah hambatan bagi kita untuk dapat berkomunikasi kepada siapapun dengan adanya e-mail, proses komunikasi menjadi lebih mudah.

3.2      Saran
Ada beberapa saran yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan tentang e-mail
1.      Sebaiknya penggunaan e-mail digunakan dengan sebaik-baiknya dalam hal surat menyurat
2.      Efisienkan penggunaan e-mail dalam hal yang positif

3.3  Catatan Kaki 
1. Septyana Rieska “manfaat email” diakses dari https://septyanarieska.wordpress.com/2010/12/17/5-manfaat-email/ pada tanggal 09 september 2015 pukul 15:42 WIB
2. Anneahira “tentang email” diakses dari  http://www.anneahira.com/tentang-email.htm pada tanggal 09 september 2015 pukul 15:50
3. Rahard “pemahaman tentang email” diakses dari http://rahard.wordpress.com/2010/02/22/pemahaman-tentang-email/ pada tanggal 09 september 2015 pukul 15:50
4. Anneahira “jenis-jenis email” diakses dari  http://www.anneahira.com/jenis-jenis-email.htm pada tanggal 09 september pukul 16:00
5. Yana “ Pengertian e-mail dan klarifikasi e-mail” diakses dari http://yana185.pun.hz/pengertian-email-dan-klarifikasi-email.xhtml pada 09 september pukul 16:01 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masih males-malesan liqo'??? Baca nih! "Urgensi Tarbiyah"

TARBIYAH ISLAMIYAH Adakah yang tahu tarbiyah itu apaa???? Kalo lum tahu, coba kita ulas “sedikit” tentang tarbiyah ini……. Menurut Abdurrahman An-Nahlawi ada tiga akar kata untuk tarbiyah. Rabaa-yarbu yang bermakna bertambah dan berkembang. Rabiya-yarba yang bermakna tumbuh dan berkembang. Rabba-yarubbu yang bermakna memperbaiki, mengurusi, mengatur, menjaga dan memperhatikan. Bagi gerakan yang didirikan Hasan Al Banna, tarbiyah memiliki sedikitnya tiga makna. Ia berakar dari kata Rabaa, Yarbuu, tumbuh. Tarbiyah menumbuhkan seseorang dari kekanakan ruh, kekanakan akal, dan kekanankan jasad menuju kematangan dan kedewasaan. Rabiya, Yurbii, berkembang. Tarbiyah mengembangkan manusia muslim dalam kemampuan-kemampuan yang dibutuhkannya menjalani kehidupan. Yaitu sebagai abdullah dan khalifah. Rabba, Yarubbu, memberdayakan. Ia yang telah tumbuh dan berkembang, harus diarahkan untuk berdaya guna. Kita telah menjadi mutarabbi, memiliki murabbi, halaqah, jadwal liqa’

Adab pergaulan ikhwan-akhwat

Adab Pergaulan Ikhwan Akhwat Akhir-akhir ini terkadang dalam pergaulan antara akhwat dan ikhwan mulai terjadi pelanggaran-pelanggaran batas-batas pergaulan. Misalnya seorang ikhwan yang berbicara sangat dekat dengan seorang akhwat, atau dua aktivis rohis yang belainan jenis kelamin sering berjalan berduaan sehingga tampak seperti orang pacaran dan bahkan ada yang mengira mereka pasangan suami istri. Hal ini tentu meresahkan kerena selain dapat merusak kinerja dakwah bahkan dapat timbul fitnah seperti di atas. Pelanggaran batas-batas pergaulan ini biasanya disebabkan karena hal-hal di bawah ini: 1. Belum mengetahui batas-batas pergaulan ikhwan dan akhwat. 2. Sudah mengetahui namun belum memahami. 3. Sudah mengetahui namun tidak mau mengamalkan. 4. Sudah mengetahui dan memahami namun tergelincir karena lalai. Dan bisa jadi kejadian itu disebabkan karena kita masih sibuk menghiasi penampilan dengan jilbab lebar warna-warni atau dengan janggut